Translate

Tuesday 15 January 2019

Danau toba ala cirebon ini sering juga di kunjungi oleh banyak wisatawan dari luar kota untuk menikmati pemandangan sekitar. Ada juga yang menikmati dikala sunrise atau pun sunset. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Obyek Wisata Danau Setu Patok di Mundu Cirebon Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota cirebon tidak mengunjungi wisata  alam  yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Danau Setu Patok di Mundu Cirebon Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan  Obyek Wisata Danau Setu Patok di Mundu Cirebon Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat   Obyek Wisata Danau Setu Patok di Mundu Cirebon Jawa Barat di kota  cirebon.
Setu Patok adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Untuk menuju kesana, bisa dilakukan lewat jalan dari daerah Mundu, pinggiran Cirebon. Bisa juga melalui jalanan menuju Perumnas Gunung. Jika akan menggunakan angkutan umum, rasanya akan kesulitan. Daerah berada di pelosok dan tidak ada angkutan umum. Mungkin hanya ojek yang dijangkau dari Perumnas Gunung. Demi kenyamanan, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan sendiri.

Bentuk Setu Patok sendiri seperti layaknya bendungan. Tempat untuk menampung air dan dialirkan kala musim kemarau datang. Sebuah kolam yang dibangun membentuk lingkaran. Ada gundukan bukit dan gunung Ciremai yang bisa dipandang. Indah kala langit pas cerah dan matahari tenggelam sambil membawa bayangan seperti telur ceplok.

Kalau mau menjelajah, kita bisa menemukan bangunan pengukur air dan pengatur air. Mungkin sudah dibangun sejak jaman Belanda. Masih berdiri kokoh dan kuat. Sebelah ujung bangunan ini, dulu ada penyewaan perahu bebek. Namun kelihatannya sudah tidak disewakan lagi. Menua bersama waktu.
Kalau pagi, wilayah ini sering dipakai berolahraga. Ada yang jalan mengelilingi kolam atau sekadar lari-lari kecil. Beberapa penduduk ada yang mulai mencari ikan dan bercocok tanam diseputaran kolam. Kalau musim kemarau, akan terlihat pengrajin batu bata membakar karyanya.
Wisata ini pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Selain pemandangan alamnya yang menawan, terdapat masyarakat yang memancing di pinggir atau bahkan di tengah danau menggunakan perahu getek. Momen-momen tersebut menambah seru area wisata untuk diabadikan, belum lagi pada sore hari seringkali terdapat domba-domba yang dibiarkan mencari makan di lokasi tersebut.

Kunjungan pada pukul 16.00-17.00 pun menjadi waktu yang tepat jika Anda ingin mengabadikan momen sambil menikmati udara teduh dan pemandangan alam yang disajikan. Terdapat warung-warung kecil di sekitar jalan masuk. Anda dapat duduk-duduk santai sambil menikmati camilan atau minuman ringan.

Jika beruntung, pemandangan Gunung Ciremai dapat Anda saksikan di lokasi tersebut. Namun, bila cuaca kurang mendukung, ”penampakan” Gunung Ciremai sering kali tertutupi awan mendung.
Terdapat sejumlah fasilitas lain bagi Anda yang ingin pergi berkeliling atau mendekati area bukit. Ada perahu boat yang akan membawa Anda mengelilingi setu dengan tarif Rp 20.000 per orang. Pemandangan setu terasa lebih istimewa ketika mendatangi bukit yang berada di tengah-tengah danau.

Anda pun dapat menikmati fasilitas lain di sekitar area wisata tersebut. Dengan berkendara melalui jalan masuk berbeda, Anda dapat menikmati fasilitas pondok wisata, kolam renang, lokasi berkemah, dan outbond. Tidak salah, jika Setu Patok ini direkomendasikan sebagai salah satu wisata keluarga, terutama untuk berakhir pekan.

0 comments:

Post a Comment