Translate

Wednesday 23 January 2019

Daya Guna

Hingga kini waduk setu patok memiliki manfaat yang dapat di rasakan oleh masyarakat Cirebon hingga masyarakat sekitar wilayah waduk tersebut. Beberapa manfaat nya yaitu :
1.   Sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar seperti hasil dari perikanan dan pertanian nya
Awal mula nya yaitu dibeberapa wilayah, tanda-tanda kekeringan usai malah semakin jauh dari harapan. Salah satunya adalah yang terjadi di waduk setu patok, air waduk tersebut semakin menipis bahkan, para petani di kecamatan astanajapura,mundu dan greged terancam kekeringan. Kondisi tersebut membawa untung bagi warga yang tinggal di sekitar waduk. Saat ini lebih dari setengah area waduk sudah berubah menjadi lahan pertanian dadakan. Dari mulai tanaman padi,sayuran kangkung, hingga singkong. Tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur di waduk.
2.mempunyai sumber air yang melimpah
Salah satu nya di waduk setu patok ini terdapat banyak ketersediaan air yang banyak, sehingga masyarakat sekitar tidak mesti ketakutan akan keancaman kekeringan. Airnya dekat pun bisa tinggal ambil tetapi jika untuk persawahan bisa melalui penyedotan air di waduk setu patok. Sementara sebaliknya jika musim kemarau yang akan didapatkan dari waduk adalah kekeringan.
3.   Sebagai tempat pariwisata masyarakat luar kota
Di waduk setu patok bisa dijadikan nya tempat pariwisata dengan keindahan alam  nya. Luas wilayah nya sekitar 30 hektar dengan wahana yang tersedia. Pesona tempat ini terletak pada sore hari dimana pengunjung bisa mendapatkan pemandangan indah sunset. Pantulan sinar keemasan nya menyentuh air danau berlatar belakang dengan gunung ciremai yang semakin membuat sore hari menjadi istimewa. Pengunjung bisa berfoto-foto dengan keindahan waduk setu patok ini. Ciri khas yang terdapat pada tempat ini juga terletak pada bukit tengah genangan air. Jika datang musim hujan, danau ini terisi penuh dengan air. Namun jika musim kemarau, debit air akan berkurang. Dan pengunjung bisa menikmati menaik perahu yang telah di sediakan nya. Wisata ini pun sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hobi fotografi. Selain pemandangan alam nya yang menawan, terdapat masyarakat yang memancing di pinggir atau bahkan di tengah danau menggunakan perahu getek.
4.   Sebagai penangkal banjir di daerah tersebut
Waduk setu patok manfaatnya bisa menangkal banjir Karena dulu nya di daerah sebelum ada nya waduk setu patok itu adalah daerah rawan banjir tetapi setelah di buatnya bendungan setu patok yang konon kata nya dibuat oleh seseorang yang sakti bendungan ini bisa berdiri kokoh hingga sekarang berkat seseorang sakti itu dan bendungan itu dibuat nya dengan patok dan benang-benang hingga bisa membingungkan masyarakat tersebut. Setelah jadi nya bendungan masyarakat tidak merasa kerisauan lagi akan datang nya banjir.
5.sebagai tempat para penggembala hewan ternak nya seperti kerbau dan kambing

Ketika musim kemarau tiba di waduk setu patok ini mengalami kekeringan sehingga tumbuh lah rumput-rumput yang hijau dengan banyak nya rumput para peternak yang melihat di waduk setu itu banyak rumput seperti yang ada di savana mereka pun mengumpulkan ternak-ternak nya ada yang kerbau, kambing semua nya di kumpulkan di waduk yang sedang kekeringan tersebut. Keuntungan dari peternak yang ada didaerah tersebut tidak usah mencari lahan rumput yang luas nya ataupun harus mencari-cari dengan membawa ternak nya karena di depan nya sudah ada rumput yang banyak.

0 comments:

Post a Comment