Translate

Friday 18 January 2019

Senja di Pinggir Danau Setu Patok Cirebon






Menikmati senja di sepanjang Danau Setu Patok dapat menjadi pilihan tepat ketika berkunjung ke Cirebon. Air danau yang tenang dengan pemandangan hijau dari bukit dan persawahan di tengah serta pinggiran danau pun menambah suasana yang menenangkan.

Akses menuju lokasi yang terletak di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu terbilang cukup mudah. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat melalui dua jalur yang tersedia, yakni melalui jalur pantai utara di kawasan Mundu atau melalui Perumnas Argasunya.

Dua jalur tersebut sama-sama dapat diakses dari wilayah Kota Cirebon. Namun, umumnya wisatawan banyak mengakses melalui jalur pantura, karena letak jalan masuknya berada di seberang jalan persis setelah memasuki jembatan perbatasan Kabupaten Cirebon.

Tidak perlu khawatir tersasar menuju ke lokasi. Cukup berkendara mengikuti jalur yang akan memakan waktu sekitar 20 menit sejak masuk dari jalur pantura. Di sepanjang jalan pun terdapat rumah-rumah warga jika Anda merasa perlu bertanya mengenai akses ke lokasi. Kendaraan pun nantinya dapat disimpan di area parkir yang luas sepanjang jalan masuk setu.

Lokasi wisata Setu Patok yang juga menjadi danau untuk pengairan sawah itu selalu diramaikan oleh pengunjung, terutama muda mudi pada sore hari. Mayoritas pengunjung berburu pemandangan menjelang sore hari, ketika air danau memantulkan sinar matahari yang akan segera tenggelam pada permukaan air danau.

Wisata ini pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Selain pemandangan alamnya yang menawan, terdapat masyarakat yang memancing di pinggir atau bahkan di tengah danau menggunakan perahu getek. Momen-momen tersebut menambah seru area wisata untuk diabadikan, belum lagi pada sore hari seringkali terdapat domba-domba yang dibiarkan mencari makan di lokasi tersebut.

Kunjungan pada pukul 16.00-17.00 pun menjadi waktu yang tepat jika Anda ingin mengabadikan momen sambil menikmati udara teduh dan pemandangan alam yang disajikan. Terdapat warung-warung kecil di sekitar jalan masuk. Anda dapat duduk-duduk santai sambil menikmati camilan atau minuman ringan.

Jika beruntung, pemandangan Gunung Ciremai dapat Anda saksikan di lokasi tersebut. Namun, bila cuaca kurang mendukung, ”penampakan” Gunung Ciremai sering kali tertutupi awan mendung.
Jadi, sebaiknya datanglah pada pagi hari apabila menginginkan pemandangan yang komplet. Menurut warga sekitar, pada pagi hari, Setu Patok cukup menjadi primadona untuk digunakan sebagai tempat berolah raga pukul 6.00-7.00.

Terdapat sejumlah fasilitas lain bagi Anda yang ingin pergi berkeliling atau mendekati area bukit. Ada perahu boat yang akan membawa Anda mengelilingi setu dengan tarif Rp 20.000 per orang. Pemandangan setu terasa lebih istimewa ketika mendatangi bukit yang berada di tengah-tengah danau.

Anda pun dapat menikmati fasilitas lain di sekitar area wisata tersebut. Dengan berkendara melalui jalan masuk berbeda, Anda dapat menikmati fasilitas pondok wisata, kolam renang, lokasi berkemah, dan outbond. Tidak salah, jika Setu Patok ini direkomendasikan sebagai salah satu wisata keluarga, terutama untuk berakhir pekan.

Salah seorang pengunjung, Hanna (23) terpuaskan dengan pemandangan Setu Patok. Ia yang datang bersama beberapa temannya, menikmati pesona danau yang oleh masyarakat setempat berusaha dipertahankan kealamiannya.

”Pemandangannya sangat bagus, tapi harus pintar pilih waktu untuk berkunjung. Soalnya, pukul 7.00 ke atas sudah mulai panas, nanti kurang nyaman untuk jalan-jalan,” ujarnya, Kamis (15/9/2016).
Menurut dia, itu merupakan kunjungan pertamanya, sejak melihat beberapa review Setu Patok dari blog dan media sosial lain. Ia setuju untuk mengategorikan danau tersebut sebagai lokasi bersantai, jalan-jalan, dan berfoto yang cocok untuk dikunjungi.

Terlebih lagi, tidak dipungutnya biaya masuk membuat siapa saja dapat dengan mudah berkunjung ke lokasi tersebut. Hanya, seolah menjadi sisi lain dari tempat wisata, banyak sampah di pinggiran danau akibat perilaku pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, setiap pengunjung diimbau tetap menjaga kebersihan ketika mengunjungi Setu Patok. Cukup disayangkan jika pemandangan alam yang indah dikotori oleh sampah yang tidak seharusnya. Jadi, tunggu apa lagi, segera kunjungi Setu Patok dan nikmati pemandangan alamnya.

0 comments:

Post a Comment