Translate

Wednesday 23 January 2019

Penampakan alam

Indonesia mempunyai banyak danau yang indah salah satunya ada di kota Cirebon bukan hanya ada di Sumatera saja yang memiliki danau toba tetapi di Cirebon juga memiliki danau yang indah seperti danau toba yaitu danau setu patok konon masyarakat menamai nya dengan bendungan setu patok. Tempat wisata yang terletak di kecamatan Mundu ini sebenarnya merupakan sebuah waduk yang memiliki pulau kecil di bagian tengahnya. Itulah kenapa banyak orang yang menyebutnya dengan danau toba Cirebon. Waduk ini berada di sisi luar kabupaten Cirebon yang memiliki luas sekitar 175 hektar.
Menikmati senja di sepanjang danau setu patok dapat menjadi pilihan tepat ketika berkunjung ke Cirebon. Air danau yang tenang dengan pemandangan yang hijau dari bukit dan pesawahan di tengah serta pinggiran danau pun menambah suasana yang menyenangkan.
Akses menuju lokasi yang terletak di desa setu patok,kecamatan mundu kabupaten Cirebon itu terbilang cukup mudah. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat  melalui dua jalur yang tersedia, yakni melalui jalur pantai utara di kawasan mundu atau bisa melalui perumnas. Namun, umumnya wisatawan banyak mengakses melalui jalur pantura, karena letak jalan masuk nya berada di seberang jalan persis setelah memasuki jembatan perbatasan kabupaten Cirebon.
Lokasi wisata setu patok yang juga menjadi danau untuk pengairan sawah itu selalu diramaikan oleh pengunjung, terutama muda mudi pada sore hari. Mayoritas pengunjung berburu pemandangan menjelang sore hari, ketika air danau memantulkan sinar matahari yang akan segera tenggelam pada permukaan air danau. Wisata ini pun sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hobi fotografi. Selain pemandangan alamnya yang menawan, terdapat masyarakat yang memancing di pinggir atau bahkan di tengah danau menggunakan perahu getek. Momen-momen tersebut menambah seru area wisata untuk diabadikan, belum lagi pada sore hari seringkali terdapat domba-domba yang dibiarkan mencari makan di lokasi tersebut.
Kunjungan pada pukul 16.00-17.00 punm menjadi waktu yang tepat jika anda ingin mengabadikan momen sambil menikmati udara dan pemandangan yang ada di setu patok. Terdapat warung-warung kecil di sekitar jalan masuk. Anda dapat duduk-duduk santai sambil menikmati camilan atau minuman ringan. Jika beruntung pemandangan gunung ciremai dapat anda saksikan di lokasi tersebut. Namun, bila cuaca kurang beruntung “penampakan gunung ciremai” sering kali tertutupi ileh awan mendung. Jadi sebaiknya datangilah danau setu patok ini ketika pagi hari atau sore hari apabila menginginkan pemandangan yang komplet. Menurut warga sekitar, pada pagi hari, setu patok cukup menjadi primadona untuk digunakan sebagai tempat berolahraga pukul 06.00-07.00. Terdapat sejumlah fasilitas lain bagi anda yang ingin pergi berkiling atau mendekati area bukit. Ada perahu boat yang akan membawa anda mengilingi setu dengan tariff Rp 20.000 per orang. Pemandangan setu patok terasa lebih istimewa ketika mendatangi bukit yang berada di tengah-tengah danau.
Anda pun dapat menikmati fasilitas lain di sekitar area wisata tersebut. Dengan berkendara melalui jalan masuk berbeda, anda dapat menikmati fasiliats pondok wisata, kolam renang, lokasi berkemah, dan outbond. Tidak salah, jika setu patok ini direkomendasikan sebagai salah satu wisata keluarga, terutama untuk berakhir pekan liburan. Oleh karena itu cukup disayangkan jika pemandangan alam yang indah dikotori oleh sampah yang seharusnya tidak ada.




0 comments:

Post a Comment